Monday 3 August 2015

Marhaban ya Romadhon - Terawehnyaa

Alhamdulillah. Hari ini adalah malam 1 syawal 1436 Hijriah.

Udah 29 hari Romadhon ini lewat dan akhirnya besok udah sampai di Hari Kemenangan. Bagi saya sebenernya ada beberapa ‘hutang’ yang belum sempat terlunasi sampai akhir Romadhon yang masih sedikit mengganjal. Jelas saja mengganjal, lha wong saya lebih memilih untuk ‘beribadah’ di bulan suci ini ketimbang membayar hutang. Jelas. Dengan cara tidur sampai siang, sampai sore malah. Jadi apa to ‘hutang-hutangku’ ini?


Awal bulan puasa kemarin saya berencana menulis beberapa hal terkait dengan nuansa Romadhon yang saya alami selama di Kota Malang, seperti jama’ah sholat teraweh di awal bulan yang sampai tumpeh-tumpeh dan meluber di jalanan itu, penjual ta’jil yang tiba-tiba menjamur di sekitar kosan, juga Pasar Romadhon yang mendadak membuat salah satu ruas jalan Soekarno Hatta menjadi sangat macet pada pukul 4 sore sampai pukul 8 malam.

Tapi ya sudahlah, rencana yang lagi-lagi tinggal rencana. Boleh kan saya tulis seingat saya sendiri? Toh ini juga tulisan-tulisan saya, jadi ya terserah saya~. *haha*

Awal romadhon ini, saya kan memang masih berada di Kota Malang karena ada jadwal kuliah yang memang belum selesai, dan ini pertama kalinya saya menjalani awal puasa tanpa berada di kota kelahiran, Kabupaten Tulungagung. Saya mantab sangat ingin menjalani sholat teraweh pertama saya tahun ini sebanyak 20 roka’at dan untungnya masjid dekat kosan, Masjid Ro’is Dahlan, melaksanakan sholat teraweh berjamaah sebanyak itu. Dengan santainya saya berangkat ke masjid dengan teman kosan setelah iqomah dilantangkan. Lhaa. Sampai di masjid ternyata jama’ah, yang rata-rata juga masih kuliah tahun pertama seperti saya, kebingungan mencari tempat untuk sholat karena Masjid Ro’is Dahlan overcapacity. Sampai-sampai mereka yang pada membawa sajadah harus menggeber sajadahnya di atas aspal untuk menunaikan ibadah sholat isya’. Aspal? Iya, mana lagi coba. Apa mau dikata. Saya dan teman kos yang kesana hanya bermodalkan sarung dan nyali, harus balik lagi ke kos untuk mengambil sajadah kesayangan buat sholat. Tentulah kesayangan, kan memang cuman punya satu. *kayak pacar aja*

Jama’ah teraweh itu lho. Hem. Seperti kata kebanyakan orang, ramai di awal dan di akhir, tapi jelas sepi di pertengahan. Menurut saya, kapasitas masjid kemarin itu, kalau boleh dimisalkan sekitar 500 orang lah, tapi saat teraweh ada kurang lebih 550an orang yang berniat sholat disana, dan jelas, 50an orang sisanya harus sholat di luar masjid. Lucu juga. Yang bikin lucu itu karena hal ini hanya terjadi di lima sholat teraweh di awal Romadhon dan hari berikutnya mirip banget sama perkiraan. Sepi. Apalagi setelah roka’at kedelapan, banyak sekali yang udah pada balik duluan bahkan tanpa sholat witir pula. Btw khusnudzon aja deh ya, paling mereka sholat witirnya nunggu tahajjud dulu biar lebih greget.

Baru saat pertengahan Romadhon, kuantitas jama’ah sholat terawih semakin berkurang dan berkurang. Tadi kan misal jumlah maksimalnya 500 orang, terisinya sampa over, kalau yang ini malah nggak sampe separuhnya, 200an orang mungkin.. Emang mereka pada kemana tuh? *pulkam lah*. Pada Kemana? *pulkam lah*. Kemana? *pulkam woy, pulkam*. Lama-lama kok jadi kayak Dora the expl*rer, udah tau, masih aja nanya. *haha*

Untungnya loh. Takmir di berbagai masjid di nusantara kita punya bekal utama kesabaran yang luar biasa sabar. Jadinya saat tau jama’ahnya semakin berkurang, mereka tanpa mengurangi semangatnya, masih tetap beribadah dengan sebenar-benar ibadah, tentu dengan upaya untuk mensemarakkan masjid dan menggaungkan nama-Nya di seantero jagat. Coba kalau nggak? *pikir ndiri*
(2)

Kabupaten Tulungagung – Kamis, 16 Juli 2015

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar yang sehat dan terlepas dari pesan SARA, SEX, dan POLITIK :)