Monday 3 August 2015

Halal Bil Halal K3TA, Kegiatan Hari Kedua

Nggak cukup sehari untuk menyambangi keluarga besar Kerukunan Keluarga Kalimantan Tulungagung (K3TA). Setelah cukup lelah dengan sejumlah 248 rumah di hari pertama, kegiatan dilanjutkan di hari kedua dengan target 124 rumah. Biarlah banyak, penting niatnya bersih, insyaAlloh berkah kok ;)


Seperti tahun-tahun sebelumnya, tujuan pertama di hari kedua ini adalah Pondok PETA untuk bersilaturrahmi kepada Guru Bersama KH. Sholahuddin al-Ayubi Bin KH. Abdul Jalil Bin KH. Mustaqim, sekaligus untuk melakukan ziaroh ke kedua nama yang disebutkan terakhir. Fyi, Pondok PETA berada di Kelurahan Kauman, dekat dengan Masjid Besar Al-Munawar dan pusat kota Alun-alun Tulungagung.

Begitu kegiatan ziaroh selesai, sekitar pukul 10 pagi, semua peserta langsung diarahkan menuju lokasi berikutnya yang tak jauh dari lokasi pondok barusan, tentu dengan jalan kaki, baru tujuan selanjutnya diarahkan untuk menggunakan kendaraan bermotor.

Rute setelah Kauman ini adalah Karangwaru – Tamanan – Sobontoro – Moyoketen – Tertek – Kutoanyar – Sembung. Sedikit perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya, mengarah ke daerah pinggir kali Ngrowo, Ngrowo Water Front dan Ngrowo Jogging Track sudah dilakukan perbaikan perkerasan jalan menjadi paving block oleh pemerintah, sehingga menjadi lebih aman dan nyaman bagi peserta.

Selalu. Setelah rute di sekitaran Sungai Ngrowo ini, saya perlu langsung balik ke rumah karena sekitaran 1 jam lagi dari sini, rumah saya menjadi tujuan berikutnya. Niatnya balik ke rumah sih buat bantu-bantu, tapi apa mau dikata, tetep aja gabut mulu karena urusan-urusan lain seperti nyiapin piring, makanan, es, dan lain sebagainya sudah diurusin saudara-saudari lain yang ada di rumah.

Rumah saya, setiap hari kedua lebaran ini selalu menyiapkan menu lodho lodeh nasi dan lontong serta es susu sirup untuk menjamu dulur-dulur K3TA. Katanya sih masakan emak saya ini enak. Tapi saya nggak percaya, lha wong saya sendiri selalu kebagian dikit. Soalnya menurut saya, enak itu kalau saya kebagian makannya banyak dan bisa nambah-nambah, hehe.

Dari rumah saya ini, di Kenayan, lanjutnya ke Botoran – Panggungrejo – Purimas. Yang *cukup* saya sesali adalah saya tidak sempat menuju kediaman Pak Sutrisno di dekat Pabrik Gula Mojopanggung. Yaiyalah menyesal, karena tiap tahun tempat beliau selalu hits dengan bakso dan satenya yang *ehm* enaknya.

Perum Puri Permata – Mangunsari – Tawangsari – Majan – Kras. Di Kras ini semua pada bersilaturrahmi ke tempat Habib Mustofa Ba’abud, Habib Abdurrahman Ba’abud dan Habib Husein Ba’abud. Saya ulangi. Tak apa kan jauh, selama baik kan insyaAlloh berkah yaa.

Halal bil Halal hari kedua ini diakhiri di daerah Ketanon dan Plandaan di kadiaman saudara Salik Marzuki.

Alhamdulillah. Serangkaian kegiatan Halal bil Halal kami dua hari ini berjalan tanpa kendala dan aman bagi panitia dan juga peserta.

Lagi-lagi seperti tahun-tahun sebelumnya. Yang bikin asyik itu jelas, silaturrahmi jalan, perut penuh, badan sehat, dan tentu *bagi yang muda-muda* dompet pun terisi *haha* :)
(2)

Kota Malang – Jum’at, 31 Juli 2015

No comments:

Post a Comment

Berikan komentar yang sehat dan terlepas dari pesan SARA, SEX, dan POLITIK :)